Selasa, 08 November 2016

Burung Nasar (Elang)



Elang atau dalam bahasa Ibraninya disebut nesyer. Kata ini diterjemahkan oleh LAI dengan rajawali, elang dan burung bangkai. Akan tetapi, kata “burung bangkai” tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Badudu-Zain. Menurut O.Keel nesyer lebih baik diterjemahkan dengan elang karena yang dikenal di Palestina dan dunia sekitarnya pada waktu itu rupanya hanya elang yang berkepala gundul. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan yang berupa pahatan. Akan tetapi, dalam Alkitab pada umumnya nesyer adalah pemakan bangkai. Karena tidak ada sebutan yang tepat dalam Bahasa Indonesia, maka mungkin lebih baik nesyer diterjemahkan dengan nasar yang diambil dari bahasa Arab yang serumpun dengan bahasa Ibrani , ada bermacam-macam elang! Im 11:13-14,18 menyebut beberapa macam elang yang dikenal waktu itu yakni “burung rajawali” (nasar), janggut, elang laut, elang merah, elang hitam menurut jenisnya, burung ering.
            Elang dalam segala jenisnya termasuk burung pemangsa yang perkasa. Elang yang dikenal di Palestina termasuk jenis burung besar; panjangnya bisa mencapai 1 m dan lebar rentangan sayapnya 2,4 m. Habitatnya ialah gunung batu yang tinggi (Ayb 39:28/32; Yes 49:16). Karena kekuatan sayapnya elang bisa terbang tinggi di udara dan sangat cepat dalam menyambar mangsanya (Hab 1:8; Ayb 9:26; 39:29/32; 2Sam 1:23). Penglihatannya sangat tajam, 6 kali lebih tajam dari penglihatan manusia biasa. Jalannya di udara mengagumkan (Ams 30:9). Biasanya burung nasar menyerbu makanannya beramai-ramai. Tidaklah mengherankan bahwa burung pemangsa ini menjadi lambang kekuasaan-kekuasaan adi daya waktu itu (Hos 8:1; Yer 4:3; 49:7-22; Hab 1:5-11). Nesyer pada Yeh 17:1-10 adalah seekor elang rajawali.
            Karena elang bisa terbang berjam-jam di udara tanpa kenal lelah, maka burung ini menjadi lambang semangat muda yang tak kenal lelah (Mzm 103:5; Yes 40:31). Sayap elang yang besar menjadi lambang perlindungan Tuhan yang penuh kuat kuasa dalam perjalanan Israel melalui padang gurun menuju tanah perjanjian (Kel 19:4; Ul 32:11). Tuhan adalah elang yang bersemayam di atas puncak gunung Sinai.

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)

Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...