Sabtu, 29 Oktober 2016

Hutan dan Pohon-pohon Besar

Hutan pada zaman Perjanjian Lama jauh lebih banyak ddari pada yang dapat disaksikan sekarang. Alkitab kerap berbicara tentang hutan dan menyebut beberapa nama hutan seperti Hutan Keret (1Sam 22:5), Hutan Efraim (2Sam 18:5), hutan di Yehuda (bdk. 2Taw 27:4), hutan di selatan (Yeh 21:3/20:37), hutan di Betel (2Raj 2:24) dan semarak karmel yang pasti berarti hutan gunung Karmel (Yes 35:2). Hutan-hutan ini makin lama makin berkurang karena pohon-pohonnya ditebang untuk pembangunan dan pembukaan ladang (Yos 17: 14-18), kebakaran (Mzm 83:15; Yes 9:17; 10:17; Yer 21:14; Yeh 39:10) dan angin badai (Mzm 29:9; Yes 7:2). Hutan-hutan ini terdiri atas pohon-pohon besar dan kecil serta semak. Kata Ibrani Ets yang berarti pohon, tetapi bisa pula berarti kayu yang dijumpai sampai 330 kali dalam Perjanjian Lama. Kami bahas di sini hanya beberapa pohon yang banyak disebut dalam Alkitab.
Pohon Aras: pohon yang tinggi dan megah ini hanya bertumbuh di pegunungan Libanon dan menjadi kemuliaannya (Yes 35:2). Kayu pohon ini banyak diimpor ke Israel untuk pembangunan bait suci (1Raj 6:18, 20), istana Daud (2Sam 5:11; 7:2) dan raja-raja penggantinya (Yer 22:14-15). Tinggi pohon aras bisa mencapai 30 m, tebal batangnya 2 m. Pohon aras selalu hijau dan bisa mencapai umur 2-3 ribu tahun. Hanya suara Tuhan yang bisa mematahkan pohon aras, bahkan Tuhan menumbangkan pohon aras Libanon (Mzm 29:13). Dalam undangan untuk memuji Tuhan pohon aras disebut secara khusus sebagai wakil dari semua pohon besar (Mzm 148:9).
Pohon Sanobar (Saru, Eru):juga termasuk kemuliaan Libanon dan beberapa kali disebut bersama-sama dengan pohon aras (Mzm 104:17; Yes 14:8; 41:19; 60:13). Pohon ini jug bertumbuh di Palestina (wilayah Galilea dan Gilead) meskipun jarang. Nabi Hosea (750-724 SM) mewartakan bahwa Tuhan akan memulihkan kembali Israel yang bertobat karena Dia adalah seperti pohon sanobar yang menghijau (Hos 14:9). Tuhan adalah sumber kehidupan (Mzm 104:17). Dari pada-Nya Israel memperoleh hidup.
Pohon Tarbantin: Dalam Hosea 4:13 pohon tarbantin diterjemahkan dengan pohon besar tetapi dalam Yesaya 6:13 dengan pohon jawi-jawi. Tinggi pohon ini mencapai 25 m, besar batangnya bisa mencapai 1-3 m dan lebar tajuknya 20 m. Pohon tarbantin bertumbuh mulai dari pesisir sampai 1.200 m di atas permukaan laut. Pohon tarbantin adalah lambang kekuatan (Am 2:9) dan yang terkenal berasal dari Basan (Yes 2:1; Yeh 27:6).
Pohon Besar atau Pohon Rimbun:Dalam 1Sam 17:2 pohon besar atau pohon rimbun diterjemahkan dengan tarbantin. Pohon rimbun ini ada dua macam.  Ada yang tingginya bisa mencapai 20 m, tetapi dengan cabang dan dahan yang sangat dekat dengan tanah dan aada pula yang hanya mencapai 10 m dan berbentuk semak.
            Pohon tarbantin dan pohon besar atau rimbun biasanya dihormati dan dianggap keramat. Di sanalah biasanya dilakukan ibadat kepada dewa-dewa kesuburan. Para nabi sebelum pembuangan sangat keras menentang ibadat semacam itu. Akan tetapi, pohon-pohon semacam ini juga dijadikan tempat berteduh dalam perjalanan (1Raj 13:14). Dalam lintasan padang gurun pohon-pohon yang kerap disebut sebagai tempat berteduh ialah pohon tamarisk (Kej 21:35; 1Sam 22:6; 31:3), pohon penaga dan pohon arar (1Raj 19:4; Mzm 120:4; Ayb 30:4).

  Demikianlah secara singkat tentang hutan dan pohon-pohonnya yang utama. Hutan memberi kesan tersendiri kepada manusia. Hutan dianggap mengandung bahaya karena di sanalah hidup segala jenis binatang liar dan buas. Akan tetapi, Tuhan gembala yang baik, pada suatu hari akan datang dan akan mengadakan perjanjian dalai denagan Israel dan akan meniadakan binatang buas dari tanah itu sehingga mereka dapat diam di padang gurun dengan tenteram dan dapat tidur di hutan-hutan (Yeh 34:25).
Di lain pihak hutan juga membawa kekaguman (bdk. Yes 10:18) yang berbicara tentang kemegahan hutan Asyur. Itulah sebabnya para pemazmur mengundang pula segala pohon di hutan untuk bersorak-sorai memuji Tuhan karena Ia datang untuk menghakimi bumi (Mzm 96:12-13; bdk. Yes 44:23, Bar 5:8).
Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)

Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...