Sabtu, 29 Oktober 2016

Pohon Korma



Ul 8:8 tidak menyebut pohon korma dengan namanya sebagai salah satu tanaman pokok tanah Kanaan. Akan tetapi, para ahli pada umumnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan “madu” dalam teks tersebut ialah pohon korma. Memang madu bisa berasal dari lebah (Hak 14:8-9), tetapi kata debasy dalam bahasa Ibrani bisa berarti gula buah yang diambil dari sari buah pohon korma atau pohon ara. “Tetesan madu” (nofet) yang berasal dari sarang lebah disebut hanya 5 kali (Ams 5:3; 24:13; 27:7; Kid 4:11 dan Mzm 19:11).
            Pohon korma adalah suatu tanaman oasis (wahah). Ketika orang Israel dari Mesir dan mulai mengarungi padang gurun, mereka sampai di Elim, tempat; “ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma. Lalau berkemahlah mereka di sana di tepi air itu” (Kel 15:27). Pohon korma bertumbuh di daerah padang gurun, di tempat ada airnya atau wahah. Pohon ini banyak bertumbuh di lembah Araba, di tepi Laut Mati (Sir 24:14) dan khususnya di Yerikho yang disebut pula “kota pohon korma” (Ul 34:3). Tinggi pohon ini bisa mencapai 10-20 m. Pohon korma mirip pohon kelapa sawit (sama jenisnya). Mulai berbuah waktu berumur lima tahun ddan tandan buahnya sangat lebat. Buahnya matang menjelang akhir musim panas.
Pohon kehidupan yang bertumbuh di tengah kebun Eden (Kej 2:9) mungkin adalah pohon korma. Dalam seni pahat kuno pohon ini selalu dijaga oleh para kerub (bdk. Kej 3:24). Sebagai lambang kehidupan gambar pohon ini diukir pada dinding dan pintu-pintu bait suci: “dan pada segala dinding rumah itu berkeliling ia mengukir gambar kerub, pohon korma dan bunga mengembang baik di ruang sebelah dalam maupun di ruang sebelah luar.... Pada kedua daun pintu yang dari kayu minyak itu ia mengukir gambar kerub, pohon orma dan bungan mengembang, kemudian dilapisinya dengan emas; juga pada kerub dan pohon orma itu disalutkan emas....Lalu diukir padanya (pintu kayu masuk ruang besar) kerub, pohon korma dan bungan mengembang, kemudian dilapisinya pintu dengan emas pipih pada gambar ukiran itu” (1Raj 6:29, 32, 35).

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)


Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...