Minggu, 30 Oktober 2016

Serigala



Di Palestina, habitat serigala (canis lupus) adalah padang kersang Suriah dan Transyordania (bdk. Yer 5:6, “serigala dari padang yang kersang akan merusakkan mereka”). Mangsanya yang utama adalah kawanan kambing domba dan biasanya diserang di waktu malam (Hab 1:8; Sir 13:17; Mat 10:16; Yoh 10:12). Domba gemetar bahkan terhadap serigala yang sudah mati. Tidaklah mengherankan kalau serigala menjadi perbandingan untuk para pemimpin yang jahat dan tamak: “Pemuka-pemuka di tengah-tengahmu adalah seperti serigala-serigala yang menerkam mangsanya dalam kehausan akan darah, myang membinasakan orang-orang untuk menguntungkan diri-sendiri secara haram” (Yeh 22:27; bdk. Zef 3:3).
            Menarik bahwa suku Benyamin yang kecil itu dibandingkan dengan serigala yang menerkam/ pada waktu pagi ia memakan mangsanya/ dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya (Kej 49:27). Benyamin memang suku kecil, tetapi suka (pagi-petang) dan kuat dalam berperang (Hak 3:12-30; 5:14; 20:1-48; 2Sam 2:15).
Dalam kotbah di bukit Tuhan Yesus memperingatkan murid-murid-Nya agar waspada terhadap nabi-nabi palsu karena mereka datang menyamar sebagai domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas (Mat 7:15). Mereka ada di tengah umat yang adalah kawanan domba, tetapi sebenarnya mereka adalah serigala. Mereka menyamar! Lalu bagaimana kita mengetahuinya? Peringatan serupa diberikan pula oleh Paulus dalam kata-kata perpisahannya kepada para penatua di Efesus (Kis 20:28-30).
            Selanjutnya Tuhan Yesus menyebut Herodes “si serigala itu” (Luk 13:22), tetapi dalam edisi revisi TB LAI diterjemahkan dengan “si rubah itu”. Ada yang berpendapat bahwa terjemahan yang lebih tepat adalah “si anjing hutan itu”. Lalu mana yang benar? Mari kita lihat ciri-ciri anjing hutan dan rubah.

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)


Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...