Minggu, 30 Oktober 2016

Unta



Unta adalah binatang yang memesona dan lebih memesona lagi apabila orang sempat melihat suatu kawanan unta di habitatnya yang asli di gurun pada senja hari, menjelang matahari terbenam. Siluetnya yang beratapkan langit menciptakan keheningan dan memberi kesan kedamaian dan keagungan.
            Unta adalah binatang berkuku belah, tetapi tidak tampak jelas. Dari sebab itu, Im 11:4 menghitungnya sebagai binatang yang tidak berkuku belah. Unta termasuk pemamah biak (rumput, dahan dan ranting kering serta semak duri), bertubuh tinggi (2 m), berkelasa di punggungnya dan berleher panjang (panjang seluruh tubuhnya 3 m). Inilah binatang gurun sejati. Dapat tahan tidak minum 3-4 hari sampai satu minggu dan pada musim dingin bahkan sampai 2-3 minggu. Suhu badannya di pagi hari 34 derajat Celcius dan di siang hari 40 derajat Celcius. Itulah sebabnya keringat unta tidak banyak keluar meskipun udara panas. Daging unta dapat dimakan dan enak.
            Alkitab PL menyebut unta 57 kali, tetapi pada tempat yang cukup terbatas dan dalam konteks yang tidak menyolok. Unta adalah binatang beban dan tunggang serta digunakan pula dalam perang (1Sam 30:7; Yes 21:7) dan menjadi binatang jarahan. Peternak unta yang paling utama ialah suku Midian dan Amalek (Hak 6:5; 1Sam 15:3) serta orang Ismael (Kej 37:25).
           
Unta disebut dalam cerita tentang peminangan Ribka sampai 17 kali (Kej 24) dan secara cukup menyolok pula dalam cerita tentang Yakub (Kej 30:43; 31:17,34; 32:8,16). Dalam kedua tradisi cerita ini unta digunakan sebagai binatang beban dan tunggang. Mengherankan bahwa unta tidak digunakan saudara-saudara Yusuf dalam perjalanan mereka ke Mesir (Kej 37-50) dan bahkan sama sekali tidak disebut. Apakah cerita ini mepunyai latar belakang yang berbeda dari kedua kisah yang lain itu?
            Setelah pembuangan Babel (586-538 SM) orang Israel membawa cukup banyak unta ke Palestina (bdk. Ezr 2:67). Sangat menarik bahwa binatang yang tinggi, panjang dan cukup besar badannya ini menjadi perbandingan bagi Yesus untuk menjelaskan sulitnya orang yang hidup dalam kekayaan masuk dalam Kerajaan Surga: “lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah (Mrk 10:25; Mat 19:24). Unta digunakan sekali lagi sebagai perbandingan oleh Yesus dalam kecaman-Nya terhadap para pemimpin agama Yahudi. Mereka adalah pemimpin-pemimpin buta yang lebih memperhatikan peraturan-peraturan ibadat lahiriah, tetapi yang terpenting dalam Taurat diabaikan: “Nyamuk kamu saring dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan” (Mat 23:24)
            Sungguh luar biasa buta orang yang mengabaikan keadilan, belas kasihan dan kesetiaan dalam hidup keagamaan (bdk. Mi 6:8).
            Patung unta biasanya muncul di kandang natal pada hari raya penampakan. Dari mana datangnya gambaran ini? Dari Yes 60:6 yang digandengkan dengan Injil tentang orang-orang majus yang datang dari Timur untuk menyembah Yesus (Mat 2:12): “sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyur Tuhan (Yes 60:6).

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)


Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...