Kamis, 20 Oktober 2016

Yesus adalah Gembala yang Baik (Kis 11: 19-26 ;Yoh 10: 22-30)

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Pada hari ini, Injil yang diperdengarkan kepada kita adalah mengenai penolakan orang-orang Yahudi kepada Yesus. Mereka ragu, bimbang dan tidak percaya akan ke-Mesias-an Yesus, karena Dia tidak bertindak secara politis sebagaimana yang diharapkan oleh orang-orang Yahudi. Menurut orang-orang Yahudi, figur Mesias yang mereka nantikan dan harapkan adalah Mesias yang membebaskan mereka dari penindasan terutama penjajahan Romawi. Yesus memang tidak bertindak secara politis, tetapi Ia telah banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membebaskan, menyembuhkan, membebaskan dan lain sebagainya. Akan tetapi orang-orang Yahudi tidak percaya kepada-Nya. Yesus mencela ketidakpercayaan mereka dan mengatakan bahwa mereka tidak termasuk domba-domba-Nya sebab kalau mereka adalah domba-Nya, mereka pasti mengenal dan percaya kepada Yesus. Dengan demikian mereka tidak akan meragukan dan menolak Yesus.
            Misi Yesus di dunia bukanlah untuk tujuan politis, tetapi menyelamatkan agar semua orang memperoleh hidup yang kekal, sebagaimana yang telah direncanakan oleh Allah, Bapa-Nya. Yesus memang mempunyai kuasa untuk bertindak secara politis, tetapi Allah Bapa tidak menghendaki demikian. Allah menghendaki agar setiap orang percaya kepada-Nya melalui tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Yesus. Tujuan penyelamatan yang dilakukan oleh Yesus bukanlah untuk memnuhi kebutuhan duniawi ini, melainkan kebutuhan surgawi kelak agar semua orang yang telah diciptakan-Nya memperoleh hidup yang kekal dan tidak binasa, sebab Ia mencintai semua orang ciptaan-Nya.

Saudara-saudari terkasih, dalam kehidupan kita sehari-hari, kita juga sering bertindak seperti orang-orang Yahudi. Kita sering tidak percaya dan bimbang akan penyelenggaraan Ilahi dalam hipup kita. Kita juga lebih sering meminta ini dan itu kepada tuhan dan maunya langsung terwujud dari pada menyerahkan apa yang kita alami kepada kehendak-Nya. Kalau kita percaya bahwa Yesus adalah Gembala kita, yakinlah Dia akan memberikan semuanya dan memuaskan kebutuhan-kebutuhan kita. Dia adalah Gembala yang baik dan bukan upahan. Dia memberikan semuanya apa yang kita butuhkan. Sebagai Gembala Dia lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh domba-domba-Nya. Dia pasti memberikan apa yang kita butuhkan kalau kita percaya bahkan nyawa-Nya pun telah dikurbankan demi keselamatan kita. Adakah kita masih meragukan Dia?

Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...