Selasa, 01 November 2016

Banteng



Banteng atau lembu liar (re’em) terkenal karena kekuatan tanduknya. Dari sebab itu, pemazmur berdoa agar diselamatkan dari tanduk banteng (Mzm 22:22). Banteng menjadi lambang kekuatan musush atau lawan (bdk. Yes 34:7). Di lain pihak, Allah yang membawa Israel keluar dari Mesir adalah bagi mereak seperti kekuatan tanduk banteng (Bil 23:22=24:8; TB LAI “lembu jantan”) dan kekuatan suku Yusuf diharapkan menjadi seperti tanduk-tanduk banteng untuk menanduk bangsa-bangsa dari ujung ke ujung (Ul 33:17). Banteng tidak mau dijinakkan dan sekiranya dapat, apakah binatang ini dapat dipercayai untuk mengerjakan pekerjaan yang biasanya dilakukan lembu biasa (Ayb 39:9-12/12-15)? Raja-raja Asyur suka berburu banteng.
            Keindahan berlari anak banteng yang mirip orang menari-nari (Yer 50:11) membuat penyair Mzm 29 berkata tentang Tuhan bahwa dengan suara guntur-Nya yang dahsyat di langit: “Ia membuat gunung Libanon melompat-lompat seperti anak lembu, dan gunung Siryon seperti anak banteng (Mzm 29:6).

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)

Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...