Selasa, 01 November 2016

Beruang



Beruang (dob) disebut 12 kali dalam Alkitab Ibrani. Dulu memang hidup banyak beruang di bukit-bukit dan hutan-hutan Palestina (2Raj 2:24), tetapi sekarang sudah punah. Beruang suka menyerang kawanan domba (1Sam 17:34-37). Am 5:19 menggambarkan beruang sebagai binatang yang lebih berbahaya dari pada singa. Keduanya memang kerap disebut bersama dalam konteks hukuman (misalnya Hos 13:7-8; Rat 3:10-11).
            Beruang yang kehilangan anak sangat berbahaya dan menjadi peribahasa (2Sam 17:8; Hos 13:8). Akan tetapi, Lebih baik berjumpa dengan beruang betina yang kehilangan anak, dari pada dengan orang bebal dengan kebodohannya (Ams 17:2).
            Hiperbolisme semacam ini kerap dijumpai dalam Alkitab dan Tuhan Yesus juga kerap menggunakan cara berkata semacam itu. Perbandingan dengan beruang juga dikenakan pada orang fasik yang memerintah rakyat lemah. Mereka dibandingkan dengan (seperti) singa yang mengaum atau beruang yang menyerbu (Ams 28:15).
            Anak-anak dala PL dieringatkan supaya jangan menertawakan orang-orang tua yang sudah botak. Mereka pasti akan dicabik-cbik beruang (2Raj 2:23-25; bdk. Ams 30:17).

Disadur dari Alkitab dan Ketanahannya (Berthold Anton Pareira O.Carm)

Tidak ada komentar:

SEDEKAH MENURUT AGAMA ISLAM

1.PENGANTAR Sedekah merupakan ibadah sosial bagi umat Islam. Sedekah mempunyai kaitan yang erat dengan orang lain. Adapun alasan umat Isl...